Kamis, 08 Desember 2011

Cloud Computing




Akhir - akhir ini istilah cloud computing sering terdengar dan memang sedang panas panasnya dibicarakan. Apa sih sebenarnya cloud computing itu? Bagi yang belum pernah dengar mungin terasa asing ya? Nah oleh sebab itu saya akan menjelaskan secara singkat apa itu cloud computing.

Cloud computing atau komputasi awan dalam bahasa Indonesia merupakan penggunaan tekonologi komputer tetapi dilakukan di Internet yang disediakan oleh provider. Jika kita mempunyai sebuah perusahaan dan kita membutuhkan data cenetr untuk menyimpan semua data perusahaan kita, kita tidak perlu untuk membelinya. Kita hanya perlu untuk berlangganan ke provider dan data kita disimpan di data center san provider dan kita bisa mengaksesnya lewat internet. Supaya lebih jelas saya analogikan cloud computing itu seperti air PDAM. Kita kan membutuhkan air bersih nah untuk mendapatkannya kita tidak perlu memiliki sumber air sendiri dan mesin pengolahnya, kita hanya perlu berlangganan air ke PDAM dan kita membayar sesuai pemakaian kita. Jika air bisa seperti itu mengapa layanan IT tidak bisa? Kurang lebih seperti itu..

Kelebihan cloud computing:
  • Hemat sumberdaya
  • Dapat menekan biaya operasional
  • Menekan biaya modal
Kelemaha cloud computing:
  • Semua layanan diakses secara online melalui internet. Otomatis jika tidak ada koneksi internet cloud computing lumpuh total

Sekian postingan saya saat ini. Semoga bermanfaat ^_^



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops