Sabtu, 26 November 2011

Review Film Alangkah Lucunya (Negeri Ini)


Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Satu lagi sebuah film yang ditulis oleh Musfar Yasin disutradarai oleh Dedi Mizwar dan dibintangi oleh Reza Rahadian, Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Jaja Mihardja, Tio Pakusadewo, Asrul Dahlan, Ratu Tika Bravani, Rina Hasyim, Sakurta Ginting, Sonia, dan Teuku Edwin ini rilis di dunia perfilman Indonesia pada tanggal 15 April 2010. Film ini merupakan drama komedi satir yang wajib anda tonton. Melalui film ini sang sutradara ingin memperlihatkan masalah yang memang terjadi di negeri kita yaitu susah mencari pekerjaan setelah lulus menjadi sarjana dan kehidupan anak – anak jalanan yang sering kita tidak pedulikan.
Awal kisah Muluk (Reza) yang sudah lulus 2 tahun yang lalu menjadi sarjana management merasa gelisah karena belum mendapat kerja. Sehingga dia sering di sindir – sindir oleh orangtua, calon mertua dan teman temannya. Lalu semua itu berubah ketika dia bertemu dengan Komet (Angga). Setelah berkenalan Komet mengajak Muluk untuk datang ke markasnya. Di sana ia pun berkenalan dengan anak – anak pencopet lainnya dan juga bos pencopet Jarot (Tio).
Ternyata sindikat pencopet Jarot benar – benar terorganisir. Dia membagi para pencopetnya jadi 3 kelompok. Yaitu pencopet angkot, pencopet mall, dan pencopet pasar. Kedekatan Muluk dengan para pencopet itu ternyata terdapat peluang bekerja baginya. Lalu ia menawarkan kepada Jarot untuk menjadikannya sebagai manager keuangan. Jadi setiap 10 % dari pendapatan mencopet dikumpulkan untuk ditabung agar bisa menjadi modal untuk membuka usaha baru sehingga anak- anak ini tidak usah mencopet lagi. Lalu Jarot pun menyetujuinya.
Lama kelamaan tergeraklah hati Muluk untuk memberikan pendidikan kepada para pencopet baik di bidang akademis maupun agama. Lalu ia pun mengajak kedua temannya yaitu Syamsul (Asrul) dan Pipit (Tika) untuk mengajari mereka. Lalu pertanyaannya apakah dengan pendidikan yang pas pasan seperti itu dapat menghentikan mereka untuk tidak mencopet?
Film ini memiliki cerita yang menarik dan lucu. Alangkah Lucunya (Negeri Ini) benar benar berhasil dalam mengangkat permasalaha yang biasa terjadi di negeri kita ini seperti nasib anak jalanan yang terlantar, susahnya mencari pekerjaan, sampai tindakan sewenang – wenang Satpol PP.
Harus diakui Dedi Mizwar berhasil membawa tema yang benar benar unik. Dan lagi film ini dibintangi oleh actor dan aktris yang hebat. Tak heran naskah film yang bagus ini dapat menyatu dengan kualitas acting yang tinggi dari para pemerannya. Dan lagi para artis yang lebih tua dapat berbaur dengan para artis muda yang bertindak sebagai pemeran utamanya.
Alangkah Lucunya (Negeri Ini) akan menjadi fenomena di industri perfilman di Indonesia dimana film ini dapat menyampaikan pada masyarakat tentang persoalan yang sering kita jumpai di negeri kita ini. Walaupun dengan ending yang kurang jelas dan menggantung, keseluruhan film ini bagus dan sangat saya rekomendasikan kepada anda anda untuk menontonnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops